Tuesday, July 23, 2013

Terjemah Youtube ke Artikel : Sebuah Ilustrasi Matematik Di Sebalik Sedekah.

Selamat Bertandang Rumah Online KNMH


[ Matematik di Sebalik Sedekah ]


Di usianya yang tergolong muda, kelahiran 19 Desember 1976, jadi usianya baru 30 tahun-an pada 2007 ini, sosok Ustaz ini memang layak untuk dipanggil Ustaz atau Guru dalam ilmu Islam. Ya, inilah Ustaz Yusuf Mansur, masih muda usia, tetapi "pamor" dirinya sudah dikenali oleh kebanyakan, bahkan mungkin sudah "go international" . Saya memang baru mengenal dia, pada saat ikut ke dalam kelompok atau majelis taklim binaannya. Dan, di Surabaya katanya baru pertama kali digelar majelis taklim binaannya ini. Dan, beruntung saya bisa ikut hadir di sana. 

Pada saat itu, Ustad Yusuf Mansur memberikan uraian menarik mengenai "Shodaqoh" atau "Sedekah".Meskipun saya sudah tahu mengenai Keagungan Al-Qur'an, yang memberikan gambaran kepada kita, bahwa dengan sedekah ini, kita bisa memperoleh ampunan Allah,
menghapus dosa, dan menutup kesalahan serta keburukan. Sedekah bisa mendatangkan ridha Allah, juga boleh mendatangkan kasih sayang dan bantuan Allah. Tetapi, dengan penjelasan tentang sedekah ini, oleh Ustaz Yusuf Mansur; benar-benar semakin membuka "mata-hati" saya, bahawa selama ini ternyata saya telah rugi besar, berkaitan dengan sedekah ini.


Ustaz Yusuf Mansur memberikan ilustrasi yang sangat mudah, bagaimana sebenarnya dan sebaiknya sistem sedekah ini bekerja. Ini sungguh luar biasa prima. Dengan tetap bergaya "anak muda", maka ustaz ini menunjukkan sekaligus mengingatkan kepada setiap orang yang hadir, bahawa Allah sendiri telah menjanjikan, jika manusia mahu bersedekah, maka Allah pasti akan menggantinya dengan jumlah minimal 10 (sepuluh) kali lipat. Dan, ini ada dasar hukumnya, iaitu  tertulis di dalam Al-Qur'an Surat: 6, Ayat: 160, dimana Allah menjanjikan balasan 10 x lipat bagi mereka yang mau berbuat baik. Bahkan di dalam Al-Qur'an Surat: 2, Ayat: 261, Allah menjanjikan balasan sampai 700 x lipat.Menurut ustaz muda ini, dengan berpedoman pada Al-Qur'an tersebut, maka kita bisa membuat "hitung-hitungan" matematik, yang disebutnya sebagai MATEMATIKA DASAR SEDEKAH. Nah, inilah yang luar biasa prima itu.

Matematik sedekah ini, sungguh sangat berbeza dengan ilmu matematik yang dulu pernah kita pelajari di sekolah.Ianya benar- benar berbeza.Dia memberikan ilustrasinya sebagai berikut:10 - 1 = 9 .Ini ilmu matematik yang biasa kita terima di sekolah dulu.Tetapi ilmu Matematik Sedekah adalah sebagai berikut:10 - 1 = 19 . Ini menggunakan dasar, bahawa Allah membalas 10 x lipat pemberian kita.Sehingga kalau dilanjutkan, maka akan ketemu ilustrasi seperti berikut ini:10 - 2 = 2810 - 3 = 3710 - 4 = 4610 - 5 = 5510 - 6 = 6410 - 7 = 7310 - 8 = 8210 - 9 = 9110 - 10 = 100Nah, sungguh menarik bukan?

Lihatlah hasil akhirnya. Kita tinggal mengalikan dengan angka 10, berapa pun yang kita
sedekah kan atau kita berikan dengan ikhlas kepada orang lain yang memerlukan bantuan kita. Dan, kita pakai acuan balasan dari Allah yang minimal saja, iaitu 10 x lipat, bukan yang 700 x lipat. Intinya: Semakin banyak bersedekah, maka pasti semakin banyak penggantiannya dari Allah SWT.Tinggal kita yang mau membuka mata, bahawa pengembalian dari Allah itu bentuknya apa? Bukalah "mata hati" kita, selalu lah berpikir positif kepada Allah. BukankahAllah berfirman, "Aku adalah sebagaimana yang diprasangkakan hamba-Ku kepada-Ku". Oleh karena itu, selalu lah berprasangka baik kepada Allah, maka Allah akan serta merta menunjukkan KeMaha Kebaikan-Nya kepada kita. Allah pasti membalas kebaikan kita dengan balasan yang PASTI, yang setimpal dengan amal perbuatan kita.


Salam Luar Biasa, Subahanallah :)

Sumber : Gerakan CINTA SEDEKAH dan ZAKAT
Idea asal dari pengucapan Ustadz Yusuf Mansur , 

Diceritakan oleh Mr. PRIMA

* * *
Ditulis semula oleh,
Mujahidah Hafizah,
Re-edit bahasa Indonesia kepada Bahasa Melayu Tinggi.

No comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Selamat Berjuang